Kunci Sukses Lulusan SMK Menghadapi Resolusi Industri 4.0
saat kelas 12 SMK euphoria mendekati kelulusan adalah salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh siswa/siswi. Tetapi setelah kelulusan tiba , masuk pada fase kebingungan . Mau kemana setelah lulus? Mau berbuat apa setelah lulus? Apa yang harus dipersiapkan untuk menghadapi industry 4.0? hal ini mungkin sebelumnya belum terpikirkan dengan jelas karena masih terfokus belajar materi untuk mempersiapkan ujian sekolah dan juga ujian kompentensi guna mencapai nilai tertentu agar dapat lulus SMK. Sekarang setelah lulus pernyataan itu semakin bergema dalam pikiran .
Berikut beberapa pilihan yang bisa menjadi opsi setelah lulus SMK :
2. kuliah
Bagi sebagian orang yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, biasanya sejak SMK sudah buat rencana, akan kuliah dimana, di jurusan apa. Memilih untuk kuliah, pastinya tidak mudah. sebaiknya sesuaikan jurusan yang dipilih dengan minat dan kemampuan . Tidak ikut-ikutan teman, karena teman dekatnya ingin masuk manajemen, jadinya pengen kuliah manajemen juga. Jadi, pilihkan jurusan yang sesuai dengan kemampuan dan minat. Saat akan memasuki dunia perkuliahan yang harus dipikirkan adalah Kampus nya di daerah mana dan biaya untuk masuk apakah mandiri atau beasiswa.
§ Mengasah hard skill dan soft skill
Untuk menghadapi
revolusi industry 4.0 siswa harus mampu dan senantiasa mengasah hard skill yang
dibutuhkan oleh industry saat ini . seperti mengikuti sertifikasi atau pelatihan
sehingga industry bisa melihat kompetensi siswa. Selain hard skill kita juga
perlu untuk melatih soft skill, karena soft skill sangat sulit untuk di ukur
karena merupakan kebiasaan dan kepribadian seseorang. Tetapi soft skill juga dapat
tumbuh karena dilatih atau dibiasakan . contoh soft skill yaitu saat mengambil
keputusan dan juga penyelesaian suatu masalah .
§ Memperbaiki attitude
Revolusi industry
4.0 indentik dengan internet dan IPTEK. Terkadang apa yang disuguhkan di
internet tidak di saring dengan baik sehingga pasti ada saja hal yang membuat seseorang
melupakan attitude di kehidupan social . contohnya tidak sopan kepada atasan,
merasa terganggu dengan kehadira orang baru di lingkungan perkuliahan, menolak
perubahan baik dalam dirimu dengan alas an self love dll. Banyak sekali factor yang
bisa mempengaruhi attitude seseorang , bisa jadi dari trauma masalalu dan
dari pengaruh sosmed bahkan pergaulan. Maka
dari itu kita harus senantiasa memperbaiki perilaku/attitude kita agar mudah
diterima oleh orang lain sehingga mempermudah kita meraih koneksi dan relasi .
§ Mengikuti seminar
organisasi atau pelatihan prakerja
Mengikuti seminar
dan pelatihan prakerja dapat membantu mu untuk bisa mempunyai banyak
pengalaman. Di dunia serba digital ini kita bukan hanya bersaing dengan manusia
tetapi kita bersaing dengan arus globalisasi digital dan robotika. Sehingga kita
harus bisa mempunyai banyak skill dan pengalaman agar mempermudah dalam daya
saing nasional maupun internasional .
§ Mengasah public speaking
Public speaking
merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki seseorang di revolusi industry 4.0
. karena public speaking tidak melulu bicara di depan orang banyak tetapi sebagai
tolak ukur kita untuk berkomunikasi dengan relasi, teman, dosen, dll. Dalam berkomunikasi
maka perlu dilatih sehingga kita bisa berkomunikasi dengan rasa pecaya diri dan luwes.
§ Mampu melihat peluang
Dimanapun kita
berada dan pilihan apapun yang kita ambil kita harus bisa melihat peluang .
contoh nya : Andy bekerja di Kalimantan sebagai Asisten manager di perusahaan
swasta , Andy melihat adanya peluang bisnis yang bisa ia ciptakan di Kalimantan
. Andy ingin membuka warung makan Khas daerah nya , warung makan khas sunda. Karena
orang Kalimantan menyukai makanan pedas dan makanan yang Andy jual ada yang
pedas sehingga bisnis Andy berkembang dengan pesat dan juga aktif di promosikan
di sosmed. Sehingga Andy bisa bekerja sekaligus berbisnis di Kalimantan.
Itu adalah
salah satu contoh mampu melihat peluang, jika kita bisa melihat peluang maka
kita bisa berinovasi dan berkreativitas mengembangkan ide dan menciptakan hal
baru , seperti contoh tadi Andy juga sudah bisa membuka lapangan kerja baru di Kalimanatan
dimana dia juga bekerja disana.
§ Kreatif dan inovatif
Revolusi industry
4.0 sangat membutuhkan orang -orang dengan jiwa kreatifvitas yang tinggi. Karena
sekarang semuanya sudah diatur oleh digital sehingga dunia digital menjadi sesuatu yang
paling banyak diminati oleh orang-orang. Maka dari itu harus muncul inovasi dan
kreatifitas yang tinggi untuk menarik operhatian orang- orang terhadap sesuatu ,
contohnya brand pakaian, produk kosmetik , eintertement dll
§ Mampu dalam pemanfaatan
teknologi digital
Seseorang di zaman
saaat ini pasti sudah lumrah dengan teknologi digital contohnya, canva, gojek,
capcut , Instagram , dll. Banyak pekerjaan hingga pembelajaran yang
menggunakana media digital sehingga kita sudah terbiasa akan hal tersebut .
tetapi untuk dapat bersaing maka perlu
untuk kita melatih kebiasaaan terseut sehingga bisa totalitas dalam pengerjaan
suatu projek yang menggunakan media digital .
§ Mampu dalam pemanfaatan
teknologi IoT
Dikutip dari martcity.jakarta.go.id/blog
nternet of Things yang juga dikenal dengan IoT merupakan sebuah konsep
yang masih terus berkembang sehingga tidak memiliki definisi pasti. IoT
menggunakan pemrograman untuk menghasilkan interaksi antar mesin tanpa campur
tangan manusia. Interaksi tersebut memanfaatkan konektivitas internet yang
tersambung secara terus-menerus. Komunikasi antar mesin atau benda yang
menggunakan teknologi IoT dapat berupa pertukaran data atau pengendalian jarak
jauh. Teknologi tersebut juga menjadi pendukung utama pembangunan kota pintar
atau smart city. Jakarta Smart City sebagai unit pengelola kota pintar di
DKI Jakarta telah mengaplikasikan teknologi tersebut di berbagai bidang, antara
lain sebagai berikut: cctv online dan pelacak truk sampah dll.
§ Mempunyai branding
personality
Seseorang pasti
mempunya passion/ sesuatu yang mereka suka sehingga menjadi sesuatu yang mengahasilkan
. seseorang yang mempunyai branding personality akan sangat mudah untuk dikenal
orang . contoh branding personality adalah : Diah suka sekali foto produk dan
membuat desain produk sehingga diah kerap kali menggungah hasil jepretan kamera
nya di laman Instagram. Seseorang yang akan menggunakan jasa diah akan sangat
mudah mengenali diah karena branding prsonlaity diah yaitu photography produk .
itu adalah salah satu contoh branding personality. So, apakah kamu sudah tau
branding personality mu?
SEMANGAT!
Seberapa canggih pun kemampuan komputer dan robot dalam mengambil alih tugas manusia, peran manusia tetap penting, baik sebagai pengawas maupun dalam hal interaksi manusia dengan ilmu pengetahuan. Manusia akan tetap menjadi yang utama. Jika hanya mengandalkan otot, jelas mesin dan robot lebih mampu, tapi hal hal yang menyangkut ilmu pengetahuan dan perasaan masih menjadi kekuatan utama manusia. Oleh karena itu sebisa mungkin setiap unit usaha meningkatkan kualitas sumber daya manusianya agar mampu beradaptasi dengan hadirnya Industri 4.0.
Berdoa berikhtiar dan tawakal , semangat !!
Komentar
Posting Komentar